Minggu, 08 Januari 2017

Shibaqo

Apa Itu Komputer?

KOMPUTERKU.ID - Komputer adalah alat elektronik yang terdiri dari perangkat yang mampu memproses, menyimpan dan memanipulasi data dengan cepat dan akurat. Seperti yang kalian ketahui di saat bermain games, mengetik dokumen atau berselancar di internet.

Alat pengolahan data
Komputer Jenis Book (Gambar ilustrasi by PEXELS)

Proses-proses itu semua adalah sekuen dari runtutan instruksi atau tindakan yang kalian lakukan melalui alat imput yang tentunya di mengerti oleh komputer. Melalui aplikasi antar muka yang dirancang oleh programmer sedemikian rupa sehingga antara kalian sebagai user dan perangkat komputer dapat berinteraksi dengan baik.

Komputer terdiri  dari hardware dan software

Hardware merupakan bagian dari komputer yang berupa perangkat fisik komputer yang bisa di sentuh atau di raba dengan tangan. pasti kalian sudah mengenal hal ini..

Walaupun sistem kerja komputer begitu-begitu aja, tetapi hardware komputer terus berkembang pesat dari tahun ketahun. Begitu juga aplikasi yang marak semakin canggih dan memudahkan bagi user. Inti kata kedua bagian ini saling kejar mengejar seolah tiada batasnya.

Sedangkan software adalah perangkat lunak, walaupun ada dan bisa dinikmati tetapi tidak bisa diraba. Perangkat lunak hanya bisa aktif jika ada pulsa-pulsa listrik sebagai sumber energinya.

Fungsi Komputer 

Kami akan menceritakan satu fungsi saja dari komputer.

Kalian mau berpergian, cari tiket, pilih tiket, cari promonya jika ada, lalu carter tikenya, selanjutnya kalian bayar ticket, konfirmasi bahwa tiket telah di bayar, tunggu beberapa saat tiket sudah di kirim ke email. Biar tidak tergesa-gesa takut macet, kalian bisa check ini online. Berangkaaat

Tanpa kita sadari cerita diatas sudah menjelaskan fungsi dari makhluk bodoh, dalam memanjakan manusia.
Yang harus kita pahami dari hal diatas sebenarnya adalah:

  1. Ada website penyedia layanan penjualan tiket maskapai yang sebelumnya telah di rancang oleh programmer.
  2. Komputer telah  membantu om programmer dalam membuat aplikasi pemesanan tiket yang dimiliki agen. Yang gratis katanya jika kita download. Siapa bilang gratis, download khan pakai pulsa.
  3. Tidak cukup sampai disini, hampir seluruh aktivitas di bandara melibatkan komputer.

System Komputer 

Yang perlu kalian pahami juga, hal yang paling pokok, bahwa sistem komputer terdiri dari Input-Proses-Output. Dengan pemahaman input-proses-output itulah dapat menggambarkan system komputer secara keseluruhan. System itu sendiri terdiri dari rangkaian instruksi yang dijalankan oleh komputer.

Input adalah suatu proses masukkan instruksi melalui alat input itu sendiri untuk di proses lebih lanjut oleh komputer sebelum di dapatkan sebuah Output.

Beragam alat input pada komputer antara lain: Mouse, keyboard, scanner, mikropon 

Proses adalah dimana setiap instruksi di jalankan atau di eksekusi. Sangat jelas dengan istilah Central Processing Unit (CPU) sudah barang tentu CPU sebagai otak komputer selalu bekerja setiap ada tugas melalui media input.

Output adalah kelanjutan dari sebuah proses, karena yang menandakan behasil tidaknya suatu proses adalah munculnya di media keluaran seperti monitor.    

Proses yang dilakukan oleh komputer berjalan dengan sangat cepat tergantung dari tingkatan kinerja prosesornya serta besarnya kapasitas RAM yang menjadi tempat penyimpanan sementara selama proses berlangsung.

Hebatnya lagi komputer sudah sejak lama mampu mengerjakan banyak tugas yang dikerjakan secara bersamaan atau familiar dengan sebutan multi tasking, multi processing dan multi programming.

Dengan multitaskingnya system kerja komputer, semakin memudahkan manusia dalam mengolah data. Efek dari multitasking, kini muncul trend "extend multiple monitor" fasilitas yang disediakan sistem operasi menjadi trend di tahun 2016.


Perkembangan Komputer

Perkembangan komputer mulai dari generasi pertama sampai saat ini masih dalam satu konsep yaitu digital. CPU pertama yang konon katanya fisiknya sebesar setengah lapangan sepak bola sampai jaman CPU di tanam di ponsel dan raspberry saat ini, konsepnya masih tetap sama.

Untuk lebih jauh tentang perkembangan komputer akan kami bahas pada postingan berikutnya.

Semoga sedikit post pembuka ini dapat menjadi jawaban dari kalimat "Apa Itu Komputer?" bisa menjadi cahaya yang sedikit memberi manfaat bagi kalian.. Amin

Shibaqo

About Shibaqo -

Didin Shibaqo dan Jack's (M. Zikrillah S.Kom). Kami bersama KOMPUTERKU.ID adalah sahabat kalian. Dan disini kami ingin berbagi pengetahuan dan bertukar pikiran dengan kalian, mudah-mudahan dapat manfaat yang bisa kita petik bersama. Amin

Enter your email address:

Dikirim oleh: FeedBurner