Kamis, 02 Februari 2017

Shibaqo

Cara mudah menangani Komputer Lemot

KOMPUTERKU.ID - Komputer lemot sangat menghambat kinerja kita. Ditambah lagi dengan kondisi kita saat sedang lemot semakin menambah lemotnya pekerjaan terselesaikan. Tapi jangan khawatir disini kami akan bagikan cara praktis penangan komputer lemot.

Komputer lemot (gambar ilustrasi by pixabay)

Umumnya komputer lemot disebabkan oleh banyak hal. Diantaranya:

Temperatur komputer meningkat

Suhu udara di dalam CPU terlalu panas, kondisi ini disebabkan karena rongga keluar dan masuknya udara melalui lubang fan terhalang kotoran sehingga proses pembuangan suhu panas dari processor tersumbat.

Space Harddisk yang penuh

Drive C sebagai markasnya file-file system sering mengalami over capacity terlebih jika pembagian patrisinya terlalu kecil dan banyaknaplikasi yang di install di komputer kalian.


Kerusakan pada harddisk 

Sebagai ruang penyimpanan, harddisk sangat sensitif terhadap kerusakan. Kerusakan harddisk bisa membuat pembacaan track sangat lama, sehingga komputer lemot bukan main dalam proses operasinya.

Ukuran RAM tidak memadai
Kecepatan komputer ditentukan oleh kinerja RAM. RAM sering kewalahan dalam menampung sementara setiap instruksi yang mengantri saat komputer beroperasi.

Virus atau trojan

Virus selalu beroperasi di setiap, seringkali menempati ruang memori yang cukup banyak sehingga system menjadi sibuk dan efeknya komputer menjadi lemot.

Sebelum kalian menyimpulkan bahwa lemotnya komputer disebabkan oleh kerusakan perangkat maka tidak ada salahnya untuk mencoba terlebih dahulu cara-cara penyelesaian masalah komputer lemot.

Langkah-langkah mudah mengatasi komputer lemot:

  1. Lakukan Disk Cleanup terutama pada drive C untuk membersihkan file-file sampah sisa operasi atau temporary file
    1. Dapat melalui windows Diskcleanup
    2. Dapat menggunakan software seperti Ccleaner, Your Uninstaller
  2. Menon aktifkan start-up aplikasi yang berjalan pada saat tidak diperlukan atau dipakai
    1. Dapat melalui windows msconfig
    2. Dapat menggunakan software tambahan seperti Hijackthis atau Your Uninstaller
  3.  Hapus virus jika indikasi komputer lemot disebabkan oleh virus. Kini banyak bertebaran jenis anti virus yang bisa kalian pilih mana yang jodoh dengan kalian.
    1. Dapat menggunakan Windows Defender
    2. Dapat menggunakan software Antivirus gratis seperti Smadav atau Avira
    3. Jika virusnya membandel, jalankan komputer lewat windows running on CD dan jalan kan Avast portable. Dan bersihkan virus pada saat harddisk tidak meloading system.

  4. Periksa service aplikasi yang berjalan melalui services, mana tahu ada proses aplikasi yang memakan memori sangat besar dan membuat komputer sibuk
    1. Dari windows dengan menjalankan services.msc melalui Run
    2. Lalu buang checklist untuk aplikasi atau servis yang tidak akan dijalankan.
  5. Bersihkan debu yang menempel dan menutupi fan atau kipas processor, karena debulah yang selalu menjadi masalah bagi komputer. Usap secara hati-hati dengan kuas atau sikat gigi bekas. Tiuplah dengan blower atau kompressor jika ada.
 Beberapa langkah mudah ini semoga bisa membantu kalian mengatasi komputer lemot tanpa harus datang ke gerai komputer.

Shibaqo

About Shibaqo -

Didin Shibaqo dan Jack's (M. Zikrillah S.Kom). Kami bersama KOMPUTERKU.ID adalah sahabat kalian. Dan disini kami ingin berbagi pengetahuan dan bertukar pikiran dengan kalian, mudah-mudahan dapat manfaat yang bisa kita petik bersama. Amin

Enter your email address:

Dikirim oleh: FeedBurner