Kamis, 16 Februari 2017

Shibaqo

Apa itu Input Proses dan Output pada Komputer?

KOMPUTERKU.ID - Kali ini kita bercerita tentang istilah Input, Proses dan Output (IPO). Apa itu Input Proses dan Output? sepertinya ketiga istilah tersebut sudah terngiang-ngiang di telinga kita. Apakah karena setiap hari kita berdekap erat dengan handphone dan juga komputer?

input proses output
Skema Manajemen Proses Komputer

Komputer dan hand phone merupakan benda elektronik berprocessor yang mampu memeroses data dan menghasilkan informasi yang logis dalam setiap operasinya. Dengan dukungan alat input, setiap instruksi akan dimasukkan untuk di proses dan hasilnya ditampilkan secepat kilat melalui alat keluaran.

Input


Seperti dikatakan diatas bahwa masukkan adalah langkah awal dari suatu proses dimana data mentah di input sebelum data tersebut di olah menjadi informasi yang berguna. 

Alat input (Input Device)

Beberapa alat input yang paling umum dan sering digunakan antara lain:
  1. Keyboard/key pad
  2. Mouse
  3. Scanner 
  4. Scan barcode 
  5. Kamera
  6. Joistik
  7. Light pen
  8. Microphone
Semua alat input tersebut harus terbaca dan support dengan komputer atau alat lain.

Process

Bagian process adalah tugas dari otak suatu perangkat yang bertugas melakukan pengolahan data dengan kecepatan tinggi. Proses pengolahan data, semestinya disesuaikan dengan kemampuan processor, jangan dipaksakan. Kebanyakan komputer spek rendah dipaksakan untuk bermain games terbaru yang notabene memerlukan spek komputer yang lebih tinggi.

Jangan khawatir karena jaman semakin majunya teknologi telah memacu tingkatan processor terutama  yang paling terasa adalah dalam hal kecepatan. Bergembiralah bagi yang hobi games atau desain grafis karena kemampuan VGA saat ini sudah sangat maju.

Saat ini processor sudah mendukung berjalannya sistem operasi di perangkat sekecil apapun. Ssama halnya dengan hand phone yang  sudah bisa menjalankan proses secara multi tasking dan multi processing. Contoh lain seperti komputer, router, hand phone, tablet, dan games console.

Berikut ini contoh jenis Processor komputer:
  1. Intel (Pentium, Celeron, Atom, Dual Core, Core2Duo, Corei3, Corei5, Corei7, Xeon)
  2. AMD Advanced Micro Devices (K5, K6-350, Duron, Athlon, Sempron, 64 X2 Dual Core, 64 X2 Dual Core, Opteron, Turion)
  3. Dimulai dengan Motorolla 68000 16bi, PowerPC 601, PowerPC 604, PowerPC G3, PowerPC G4, PowerPC G5, dari IBM. Dan P6, Core dan Nahalem dari Intel. 

Output

Sedangkan arti output adalah keluaran yaitu hasil akhir dari input dan proses. Waktu yang singkat dalam manajemen operasinya karena setiap yang kita menekan tombol ketik, langsung tampil outputnya di display. 

Jenis-jenis alat output antara lain:
  1. Printer 
  2. Plotter
  3. Layar Monitor/projektor
  4. Speaker
Fungsi alat output adalah untuk menampilkan keluaran dari proses komputer. Beberapa alat seperti printer dan plotter untuk mencetak data menjadi hardcopy.

Input, proses, output serta storage menjadi sebuah kesatuan dalam sistem komputer, karena jika salah satu bagian dari ke empat elemen tersebut, sistem komputer tidak akan berjalan.

Shibaqo

About Shibaqo -

Didin Shibaqo dan Jack's (M. Zikrillah S.Kom). Kami bersama KOMPUTERKU.ID adalah sahabat kalian. Dan disini kami ingin berbagi pengetahuan dan bertukar pikiran dengan kalian, mudah-mudahan dapat manfaat yang bisa kita petik bersama. Amin

Enter your email address:

Dikirim oleh: FeedBurner