Minggu, 05 Februari 2017

Shibaqo

Mengatasi Komputer Mati Sendiri

KOMPUTERKU.ID - Kesal rasanya kalau komputer tengah dipakai tiba-tiba mati sendiri. Persisnya komputer adalah makhluk tuhan juga, sama-sama memiliki ketahanan fisik. Secara logika komputer hanya komponen-komponen yang tidak bernyawa bagaimana mungkin bisa merasakan sesuatu yang sakit sehingga membuatnya mati mendadak.

Troubleshoot Tools (Photo ilustrasi by Pixabay)


Agak berbelit ya, sesungguhnya kemajuan komputer telah mencapai puncak kecanggihannya. Dimana banyak sensor pada setiap perangkat komputer yang membantu jika salah satu komponennya bermasalah.

Hal yang paling umum membuat komputer kalian mati mendadak:
  1. Penyeba paling umum adalah jika heatsink mendeteksi suhu panas yang berlebihan.
  2. Konsleting pada bagian -bagian komponen elektronika komputer
  3. Hilangnya arus listrik karena rusaknya peralatan seperti motehrboard dan power Supply.

Cara mengatasi masalah:

  1. Bersihkan CPU terutama blower pendingin processor sampai bersih dengan kuas cat, terutama bagian aluminium pendinginnya dan tambahkan pasta pendingin bila perlu.
  2. Bersihkan bagian motherboard dan pastikan tidak ada baud atau serbuk besi yang menempel pada bagian-bangian komponen elektronikanya.
  3. Untuk mencegah power supply rusak yang diakibatkan oleh arus listrik yang kurang stabil, gunakanlah stabilizer sebelum arus masuk ke komputer. Periksa grounding listrik di rumah kalian jangan sampai grounding mempunyai arus voltase listrik.
Permasalahan ini berlaku untuk laptop maupun PC, keduanya sering terjadi pada bangian pendingin nya. Pada laptop biasanya jika sudah berumur lebih dari satu tahun, sudah mulai lubang ventilasi blower processor nya tertutup debu kotoran.

Jika hendak membersihkan sendiri bagian pendingin processor laptop, maka berhati-hatilah karena bagian dalam laptop sangat riskan dan sensitif. Bawalah ke service center jika sulit melakukannya sendirian.



Shibaqo

About Shibaqo -

Didin Shibaqo dan Jack's (M. Zikrillah S.Kom). Kami bersama KOMPUTERKU.ID adalah sahabat kalian. Dan disini kami ingin berbagi pengetahuan dan bertukar pikiran dengan kalian, mudah-mudahan dapat manfaat yang bisa kita petik bersama. Amin

Enter your email address:

Dikirim oleh: FeedBurner