Senin, 13 Februari 2017

Shibaqo

Cara Menentukan Spek Komputer Sesuai Kebutuhan

KOMPUTERKU.ID - Spek merupakan bahan pertimbangan sebelum membeli peralatan elektronika terutama komputer. Memilih spek harus jeli karena berkaitan dengan untung atau rugi yang akan kita peroleh.

spek komputer gaming

VGA Card photo ilustrasi by Fixabay

Untuk komputer itu sendiri ada dua pola atau cara memilih yaitu pada barang pabrikan (branded) atau dikenal dengan built-up dan barang rakitan (custom) yang dirakit dari nol.

Kedua spek diatas tujuannya sama yaitu mencari spek terbaik dengan tingkat penggunaan yang berbeda-beda. Jadi sangatlah penting penentuan spek ini terutama untuk gammer, tentunya memerlukan VGA yang hitech bukan onboard.

Spek pabrikan (branded)

Spek ini sudah teruji sehingga setiap unitnya ada type atau seri tersendiri dan selalu ter-update maka setiap penjual selalu memberi jaminan garansi penuh untuk setiap kerusakan. Maka jangan heran jika harganya cukup mahal dibanding dengan rakitan.

Beberapa produk built-up yang banyak digunakan seperti merek IBM, Hewlett Packard, Dell, Acer, Asus, Lenovo. Produk-produk tersebut dikeluarkan oleh beberapa produsen ternama seperti Asus yang dikeluarkan oleh AsusTek Computer.

Caranya yaitu dengan membandingkan beberapa spek produk branded yang sudah terbundle antara beberapa vendor, spek per unit yang di bandingkan secara detil baik itu kualitas maupun kapasitas pad produk yang akan kalian ambil.

Spek rakitan (custom)

Untuk menentukan spek pada komputer rakitan atau custom kita bisa bebas menyesuaikan spek sesuka hati, asalkan yang harus diperhatikan adalah kompatibelias modul atau komponen yang akan di rakit. Perlu sedikit pengalaman untuk melakukan hal ini, karena jika dilakukan asal-asalan maka hasilnya akan fatal.

Tetapi jangan khawatir karena penjual akan membantu kita menyesuaikan spek keinginan kita sesuai dengan budget yang kita miliki.

Cara memilih modul komputer untuk dirakit: 
  1. Pemilihan casing, sebaiknya cari casing yang kokoh dan memiliki pendingin yang cukup karena spek yang terlalu tinggi kerap kali mengalami peningkatan suhu dalam ruangan CPU.

    Casing tanpa power supply sangat baik karena power supply bawaan casing memiliki kualitas yang rendah sehingga kurang bagus terutama untuk spek komputer yang tinggi.
  2. Untuk para gammer jangan VGA melulu yang di pasang tinggi-tinggi karena percuma saja tanpa  power supply yang memadai.

    Gunakan catu-daya atau power supply yang bagus terutama untuk gaming perlu energi yang tinggi sebagai supply untuk pendingin dan sebagai energi komputer itu sendiri.  Daya yang ideal adalah 450-600 watt.
  3. VGA sebenarnya merupakan pilihan utama dalam merakit komputer. Efek penggunaan VGA terpisah sangat terasa terutama pada kecepatan komputer. Harus menjadi pertimbangan bahkan harus memutuskan untuk membeli VGA secara terpisah jika kalian memiliki komputer sendiri. Jika VGA onbiard kinerja komputer terasa agak berat karena sebagian dari RAM teralokasi untuk VGA.

    VGA keluaran saat ini sudah berteknologi GPU (Graphic Processing Unit) akan sangat mempercepat kinerja komputer karena sudah memiliki processor sendiri sehingga tugas processor utama menjadi lebih ringan. (Optional)

    Akan kesulita jika ingin menggunakan VGA sendiri karena harganya cukup mahal. Oleh karena itu pertimbangkanlah jika komputer digunakan untuk mengetik, memakai VGA onboard sudah lebih dari cukup.
Kesimpulannya kami serahkan pada kalian, spek apa yang mau di beli. Tulisan ini hanya memberikan gambaran kasar tentang spek komputer built-up dan komputer rakitan. Untuk perusahaan atau corporate sudah lama direkomendasikan menggunakan produk built-up karena selain praktis, komputer pabrikan ini memiliki keunggulan dan cukup tahan dipakai alias jarang sekali terjadi hang.

Mudah-mudahan sekilas tentang Cara Menentukan Spek Komputer Sesuai Kebutuhan dapat menjadi gambaran bagi kalian sebelum membeli PC kesayangan kalian. 

Shibaqo

About Shibaqo -

Didin Shibaqo dan Jack's (M. Zikrillah S.Kom). Kami bersama KOMPUTERKU.ID adalah sahabat kalian. Dan disini kami ingin berbagi pengetahuan dan bertukar pikiran dengan kalian, mudah-mudahan dapat manfaat yang bisa kita petik bersama. Amin

Enter your email address:

Dikirim oleh: FeedBurner