Kamis, 09 Maret 2017

Shibaqo

Penyebab Consider Replacing Pada Battery Laptop

KOMPUTERKU.ID - Masalah besar maupun kecil yang terjadi dengan battery laptop, notifikasinya selalu ditampilkan pada taskbar. Pesan yang ditampilkan beraneka ragam tergantung dari jenis kerusakan yang menimpa pada battery. Contoh sederhana yang paling sering ditampilkan yaitu saat battery habis minta di charge ataupun battery telah penuh setelah di charge.

Consider replacing your battery
Battery laptop (Gambar ilustrasi oleh Pixabay)


Battery laptop yang lemah dan menimbulkan error "Consider replacing your battery" pada Windows XP dan Windows7 berarti battery laptop sudah rusak dan minta diganti.

Battery laptop terdiri dari dua bagian yaitu battery dan komponen elektronika. Kerusakan battery laptop sering terjadi pada bagian komponen elektronik. Rusaknya komponen elektronik inilah yang menyebabkan battery tidak mampu ngecharge dengan baik. Padahal jika diukur tegangan listrik pada battery baik-baik saja.


Terkadang error battery juda karena rusaknya pada IC switch pembagi sumber arus listrik di dalam moterboard. Sebelum mengambil keputusan untuk ganti battery, tes terlebih dahulu dengan battery sejenis yang masih bagus. Jika di tes dengan battery bagus hasilnya tetap tanda silang, berarti IC pembagi arus listriknya yang rusak.

Penyebab kerusakan battery

  • Battery lama tidak dipergunakan atau di charge
  • Usia battery memiliki batasan batasan tertentu dimana pemakaian yang berlebihan akan menyebabkan kerusakan battery
  • Bekerja dengan Charger secara terus menerus walaupun battery laptop telah penuh

Cara mencegah kerusakan battery laptop

  • Charge lah battery laptop baru sampai benar-benar penuh tetapi jangan terlalu lama.
  • Penggunaan laptop sebaiknya tidak bersamaan dengan Charger, artinya pada saat battery penuh maka lepaslah charger. 
  • Apabila pengurangan arus listrik pada battery sudah mencapai 10 persen pasang kembali charger supaya batterynya terisi dan jangan sampai kosong sama sekali.

Permasalahan yang paling santer yang menyebabkan battery rusak jika dibiarkan terus menancap pada saat battery sudah penuh. Karena kalau itu terjadi akan cepat mengurangi umur battery. Karena battery yang terus-menerus ngecharge akan selalu overload arus listrik.

Notifikasi jangan di abaikan,karena ini sangat perlu untuk memudahkan dalam mendeteksi kerusakan battery. Tetapi jika kita ingin mengabaikan notifikasi ini sebenarnya bisa saja di nonaktifkan melalui battery meter di Control Panel. 

Shibaqo

About Shibaqo -

Didin Shibaqo dan Jack's (M. Zikrillah S.Kom). Kami bersama KOMPUTERKU.ID adalah sahabat kalian. Dan disini kami ingin berbagi pengetahuan dan bertukar pikiran dengan kalian, mudah-mudahan dapat manfaat yang bisa kita petik bersama. Amin

Enter your email address:

Dikirim oleh: FeedBurner