Jumat, 13 Januari 2017

Shibaqo

Cara Merawat Komputer Sebelum Rusak

KOMPUTERKU.ID - Kerusakan perangkat komputer bukan sesuatu hal yang di inginkan. Karena dalam benak kita ujung-ujungnya duit disebabkan maindset kita toko komputer atau jasa perbaikan komputer.

Gambar cara merawat komputer
Perawatan Komputer (Gambar ilustrasi by Pixabay)

Komputer rusak kebanyakan karena kita sendiri sebagai pemiliknya kurang memperdulikan. Bahkan tidak tahu bahwa komputer perlu perawatan.

Kami akan menjelaskan kapan komputer itu harus dirawat? bahkan dipelihara jika perlu.

Komputer merupakan benda mati yang memiliki organ yang cukup banyak tetapi tidak bertumbuh dan jika komputer sakit, malah kita yang merasakan sakitnya. Jadi perlu perawatan atau perhatian kita sendiri terhadap beberapa bagian penting sebelum komputer itu rusak.

Bagian mana saja yang harus dirawat?

Komputer terdiri dari dua bagian yang tidak bisa dipisahkan yaitu hardware dan software. Kedua bagian ini yang mestinya mendapatkan perawatan. Terkadang kita tidak tahu bagian yang rusak itu software ataukah hardware.

Merawat bagian software

Mulai dari hal yang paling mudah dan praktis antara lain adalah bagian software:

Software dalam hal ini adalah Sistem Operasi. Didalam sistem operasi terdapat tools-tools pemeliharaan yang disediakan pembuat Sistem Operasi ataupun tool-tools lain yang dibuat terpisah. Semua itu bisa kita pakai di komputer milik kita sendiri.

Disk Cleanup
Dengan disk cleanup kita bisa membersihkan file-file junk yang tidak berguna tetapi mengganggu di komputer. Sebaiknya dilakukan secara berkala atau jika komputer sudah terasa melambat.

Check Disk (chkdsk)
Perlakuan checkdisk dilakukan jika terjadi masalah yang cukup serius dengan komputer kita. Sistem Operasi yang terbaru dapat melakukannya secara otomatis disaat komputer mati mendadak karena terputusnya arus listrik.

Disk Defragmenter (defrag)
Defrag merupakan fasilitas windows yang dapat dimanfaatkan untuk menyusun ulang file-file bekas install yang terurai.

Registry Clean
Windows berjalan di windows yang berfungsi mengatur konfigurasi windows "Mengaktif dan menonaktifkan fungsi dari komponen-komponen windows dan hardware".

Contoh:
Kalian ingin mengunci settingan display agar tidak bisa di otak atik. Atau kalian ingin menon aktifkan port USB biar tidak bisa baca device, semuanya bisa melalui registry editor (regedit).

Tetapi dalam hal ini kebutuhannya hanya untuk clean registry menghilangkan settingan-settingan registry yang disebabkan oleh virus atau malware. Sayangnya regclean ini harus menggunakan software luar windows seperti CCleaner atau Your Uninstaller yang harus di pasang terlebih dahulu di komputer.

Startup (dengan hijackthis)

Startup hanya mengatur komponen atau software apa saja yang berjalan otomatis untuk diaktifkan dan dimatikan jika tidak diperlukan.

Contohnya: dengan perintah msconfig melalui menu Run atau dengan aplikasi hijackthis yang bisa kita download secara gratis.

Merawat bagian Hardware

Hardware atau perangkat keras merupakan bagian penting dari komputer itu sendiri. Hardware kerapkali mengajak kita belanja baik itu untuk kepuasan maupun hanya penggantian apabila rusak.
Tool-tools yang digunakan antara lain adalah:

Obeng, kuas, dan cairan tiner.

Keluhan yang sering terjadi pada bagian hardware ini adalah panas. Panas disebaban karena tersumbatnya bagian kipas pendingin CPU sehingga udara tidak bisa bergerak ke aluminium pendingin tertutup oleh kotoran yang mengendap.

Caranya:

  1. Jangan segan-segan membuka casing CPU dengan merontokkan baud dan buka casingnya. 
  2. Bersihkan debu dengan kuas kecil sampai bersih dengan hati-hati
  3. Gunakan blower atau vakum cleaner untuk melepas semua kotoran yang ada di dalam CPU 
Rapihkan kabel-kabel didalam CPU jangan sampai seliweran. Kabel yang mengenai putaran FAN processor bisanya menimbulkan suara bising yang menggangu.

Kunci utama pemeliharaan hardware adalah kondisi suhu didalam cpu yang senantiasa harus dingin, bersih dan kestabilan arus listrik. 

Rawatlah sendiri CPU kita daripada terus-menerus mengeluarkan uang setiap ada perbaikan. Langkah pemeliharaan diatas merupakan tindakan preventif sebelum kerusakan fatal terjadi. Semoga cara-cara ini bisa kalian gunakan dan jika bermanfaat silahkan share melalui tombol socmed dibawah!  Terima kasih telah menyimak Cara Merawat Komputer Sebelum Rusak tunggu postingan kami berikutnya.

Shibaqo

About Shibaqo -

Didin Shibaqo dan Jack's (M. Zikrillah S.Kom). Kami bersama KOMPUTERKU.ID adalah sahabat kalian. Dan disini kami ingin berbagi pengetahuan dan bertukar pikiran dengan kalian, mudah-mudahan dapat manfaat yang bisa kita petik bersama. Amin

Enter your email address:

Dikirim oleh: FeedBurner