Selasa, 24 Januari 2017

Shibaqo

Pengertian Sistem Operasi

KOMPUTERKU.ID - Sistem Operasi adalah perangkat lunak yang menjadi bagian terpenting dari sistem komputer. Tanpa adanya sistem operasi, perangkat keras tidak berfungsi sama sekali. Sama halnya aplikasi secanggih apapun tanpa adanya sistem operasi tidak bisa dijalankan bahkan diciptakan.

Operating System
Sistem Operasi (Photo Ilustrasi by Pixabay)

Dahulu sistem oprasi yang ada hanya sebatas pada komputer, tetapi sekarang sudah banyak sistem operasi yang dibuat perusahaan yang berjalan dengan berbagai jenis perangkat keras. Perkembangan ini tentunya di iringi dengan permbangunan sistem operasinya.

Perkembangan sistem operasi mengikuti perkembangan perangkat keras begitu pun sebaliknya. Keduanya berjalan beriringan dan telah menjadi peran dalam kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan masa kini.

Jenis sistem operasi pada komputer antara lain:


1. Windows, sistem operasi yang dikembangkan Microsoft dengan berbasis GUI. Sistem operasi Windows merupakan pengembangan dari sistem operasi DOS (Disk Operating Syatem). Windows itu sendiri dikembangkan dengan versi Desktop, Server dan mobile.

Versi OS Windows yang terakhir di relase adalah Windows 10, 

2.  Macintosh, adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Apple Corp. Macintosh merupakan sistem operasi berbasis GUI pertama di dunia. Belakangan ini trend dengan iOS yang berjalan dengan perangkat Apple seperti Iphone dan Ipad.

3. UNIX, sistem operasi yang dibuat khusus jaringan. Seperti SCO Unix yang mulai dikembangkan pada tahun 1989. Versi terbaru dengan naman Open Server 10 yang di relase tahun 2015.

4. LINUX, sistem operasi yang memiliki keunggulan di sisi server juga Desktop. Sifatnya yang open source, linux cepat berkembang dan kini lahir beberapa varian yang telah siap pakai dan bisa mendukung kebutuhan baik corporate, organisasi maupun individu.

User pada saat ini telah dimanjakan dengan kehadiran sistem operasi yang siap pakai, Jauh beda dengan user di era 80 atau 90 an. Disamping mudahnya mendapatkan perangkat keras, dukungan perangkat lunak pun semakin membuka peluang bagi setiap orang untuk berkarya dan menghasilkan uang asalkan ada kemauan.


Shibaqo

About Shibaqo -

Didin Shibaqo dan Jack's (M. Zikrillah S.Kom). Kami bersama KOMPUTERKU.ID adalah sahabat kalian. Dan disini kami ingin berbagi pengetahuan dan bertukar pikiran dengan kalian, mudah-mudahan dapat manfaat yang bisa kita petik bersama. Amin

Enter your email address:

Dikirim oleh: FeedBurner