Kamis, 09 Februari 2017

Shibaqo

Beberapa Notifikasi di Jaringan Komputer

KOMPUTERKU.ID - Adanya LAN (Local Area Network) di sebuah perusahaan saat ini sudah menjadi suatu keharusan. Terlebih jika kalian bekerja di  perusahaan yang memiliki topologi LAN yang besar. Biasanya pihak manajemen mentut agar jaringan selalu tampil stabil karena semua sistem informasi perusahaan sudah terintegrasi dengan jaringan.

Hasil command Ping di Jaringan

Gambar Respon 
Ping Jaringan

Dengan semakin besarnya topologi jaringan, maka tugas main router semakin komplek, trafik semakin sibuk, ditambah lagi dengan kendala-kendala lain yang selalu timbul karena kerusakan perangkat atau ketidak mengertian user.

Cerita diatas hanyalah sebuah perumpamaan.

Kita ambil contoh:

Pada saat ada user mengeluh karena jaringan tidak terhubung bisanya teknikal support melakukan ping ke gateway atau server. Jika di dapatkan RTO (Request Time Out) maka ada masalah dengan jaringan user tersebut.

Teknisi melakukan pengecekan secara fisik maupun logic. Beberapa tools digunakan pada saat pengecekan kondisi jaringan. Terdapat notifikasi RTO (Request Time Out) yang dapat memudahkan teknikal support untuk melakukan analisa dan tindakan terhadap gangguan jaringan tersebut.

Perintah ping sebagai tools paling mudah dan praktis di dunia jaringan, terkadang menghasilkan notifikasi RTO, ping transmit, bahkan DHU (Destination Host Unreachable).

RTO (Request Time Out)

Pesan RTO (Request Time Out) adalah pesan jawaban bahwa tidak terjadi koneksi dari host tujuan yang selalu memberikan laporan kepada host pemanggil.

Penyebab:
  1. Rusaknya beberapa fisik jaringan
  2. Karena terputusnya pada salah satu hops jaringan
  3. Terhalang firewall di host tujuan
  4. Perbedaan segmen jaringan karena belum di routing
Cara penanganan:

  1. Bagian ini yang dilakukan lebih dulu dengan memeriksa perangkat yang terganggu dan arus listrik. 
  2. Jika jaringan lebih dari satu hops, periksa apakah jalur router yang dilalui ada yang mati.
  3. Matikan firewall jika statusnya tidak mengizinkan host lain masuk.
  4. Atur pengalamatan ip address komputer dan arahkan gateway dengan tepat sesuai segmen jaringan yang dipakai.

DHU Destination Host Unchreable 

Pesan ini disebabkan karena host tidak bisa menjangkau network, protokol dan juga port tujuan.

Cara penanganan:
  • Pastikan setiap interface jaringan sudah teralokasi IP address sesuai dengan kelas segmen network yang ada di tempat kalian.
  • Pastikan gateway di arahkan ke alamat benar.
  • Periksa perangkat jaringan secara fisik, kabel, ethernet, switch atau router.

IP Address Conflict

Pada jaringan dengan model pengalamatan yang statik, sering terjadi konflik antar device. Terkadang ada user nakal yang sering berganti-ganti IP address seenaknya kerap kali membuat orang lain dirugikan.

Cara penanganan:
  1. Jika pemberian IP address pada masing-masing komputer secara manual, buatlah pembatasan hak akses pada komputer user.
  2. Cara yang bijak dan tidak merepotkan, buat jaringan DHCP atau automatic. Jangan lupa statickan statusnya di router agar IP address yang sudah dialokasikan tidak berubah-ubah.

Reply 

Reply adalah sesuatu yang menggembirakan jika munculnya disertai angka jumlah Byte, Time dan TTL, berarti pesan tersebut manandakan jaringan terhubung.

Reply from ip 8.8.8.8: byte=32 time=32ms TTL=54

Replay tidak selalu menggembirakan jika koneksi jaringan kurang bagus biasanya delay timenya tinggi 3-4 digit atau kriting (pesan Reply yang keriting diselingi dengan RTO).

Ini di akibatkan oleh beberapa hal seperti jeleknya kualitas kabel, kurang rapinya pemasangan konektor hingga penjepitannya kurang maksimal, kualitas switch yang kurang bagus, flooding yang disebabkan overload jaringan, ataupun cuaca yang kurang bagus jika menggunakan signal radio.

Cara penanganan:

Langkah termudah yaitu, ubah speed Network adapter dari Auto Negotiation menjadi 10 Mbps full Duplek. Jika reply nya lancar 2 digit atau 1 digit berarti itu adalah kualitas kabel jaringan atau Network Adapternya yang kurang bagus.

Disarankan penguasaan ilmu jaringan terutama perintah-perintah pengoperasian jaringan (Notifikasi di Jaringan Komputer)  atau apapun yang berhubungan dengan trouble pada jaringan baik secara logic maupun perangkat, semua harus di pelajari dengan sebaik-baiknya.

Khusus anak TKJ wajib bergerak cepat dalam menangani masalah ini sebelum kenyamanan user terganggu jaringan selalu menjadi kambing hitam dan seluruh personel team akan terkena getahnya.

Shibaqo

About Shibaqo -

Didin Shibaqo dan Jack's (M. Zikrillah S.Kom). Kami bersama KOMPUTERKU.ID adalah sahabat kalian. Dan disini kami ingin berbagi pengetahuan dan bertukar pikiran dengan kalian, mudah-mudahan dapat manfaat yang bisa kita petik bersama. Amin

Enter your email address:

Dikirim oleh: FeedBurner