Rabu, 01 Maret 2017

Shibaqo

Tanda-tanda Laptop Harus Segera di Servis

KOMPUTERKU.ID - Hal yang tak biasa mulai timbul pada laptop yang tengah kita pakai. Efek dari gangguan ini tentu membuat kita khawatir sehingga menimbulkan ketidak harmonisan antara kita dengannya. Itu berarti pertanda laptop mulai mengulah dan harus segera di servis.

laptop problem

Indikasi Laptop Rusak (Gambar ilustrasi by Pixabay)


Gejala umum yang timbul bisa menyerang beberapa bagian laptop seperti tumpukan abu atau kotoran yang menyumbat pada lubang pembuangan udara panas, layar, keyboard, CD-ROM dan lain-lain. Biasanya indikasi ini timbul dengan notifikasi supaya kita mudah memperbaikinya.

Suhu panas yang sudah melewati batas temperatur suhu normal akan mengakibatkan kerusakan pada komponen-komponen penting laptop kalian terutama motherboard. Jika memang keadaan sudah sangat urgent bawalah ke service center terlebih jika laptop itu masih masa garansi.


Perlu kalian pertimbangkan untuk memperbaikinya apakah dibawa ke tampat servis atau diperbaiki sendiri.
Jika ingin dibuka sendiri, bukalah dengan sangat teliti karena pada saat membuka cashing laptop karena jika ceroboh, akan mengakibatkan malapetaka pada laptop kalian.

Ada banyak komponene pada laptop dan semuanya tidak menutup kemungkinan bisa rusak. Sebelum rusak mari kita ketahui ciri-ciri kerusakanya:

1. Laptop mati mendadak

Laptop mati mendadak tetapi bisa dihidupkan kembali setelah dingin, karena tidak kuat menahan panas yang sangat hebat yang dirasakan oleh komponen-komponen laptop. Hal ini terjadi karena sistem pendingin kurang maksimal dan aplikasi yang di kerjakan cukup menguras tenaga laptop itu sendiri.

2. Laptop restart-restart terus.

Saat sedang dipakai terkadang laptop merestart sendiri. Ini akibat dari kerusakan pada sistem operasi bisa disebabkan karena virus atau listrik mati mendadak.
Penanganan bisa dengan lakukan check disk, dari command prompt

3. Laptop gampang panas

Kalau tumpukan debu sudah sangat tebal dan hampir menutupi seluruh saringan udara biasanya laptop cepat sekali mati karena panas.

Sebagai tindakan preventif perlu sekali-sekali atau seriap periode 6 bulan sekali di bawa ke service untuk membersihkan debu yang menempel sebelum kerusakan fatal terjadi.

4. Kinerja laptop sangat lambat

Lambatnya laptop di operasikan bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti habisnya ruang harddisk, kerusakan pada harddisk dan kurangnya kapasitas RAM.

5. Battery lemah, tidak mengisi bahkan rusak

Kerusakan battery laptop sudah umum terjadi. Umur battery tidak bisa diprediksi karena kerusakan battry tidak selalu pada laptop yang sudah berumur cukup lama. Indikasi lain dari kerusakan battery terlihat dari tampilan pada taskbar biasanya tampilan indikator battery bertanda merah atau silang.

Uji coba terlebih dahulu dengan battery sejenis yang masih bagus jika hasilnya tidak tampil tanda silang, maka gantilah dengan battery yang baru. Tetapi jika tetap bertanda silang saat di test dengan battery yang bagus, berarti ada kerusakan pada IC switch pada motherboard.


Sekedar saran:
Laptop sebaiknya tidak digunakan untuk bermain games yang berat dan membutuhkan memori VGA yang tinggi karena itu akan menimbul panas yang berlebih pada chipset  . Jika memaksakannya berarti kalian tidak sayang dengan dengan barang kalian sendiri.

Shibaqo

About Shibaqo -

Didin Shibaqo dan Jack's (M. Zikrillah S.Kom). Kami bersama KOMPUTERKU.ID adalah sahabat kalian. Dan disini kami ingin berbagi pengetahuan dan bertukar pikiran dengan kalian, mudah-mudahan dapat manfaat yang bisa kita petik bersama. Amin

Enter your email address:

Dikirim oleh: FeedBurner